Tokoh Wayang Kulit: Nakula

Tokoh wayang kulit Nakula merupakan anak keempat dari lima Pandawa pasangan Pandu dengan Dewi Madrim. Ia memiliki saudara kembar bernama Sadewa. Ditilik soal fisik, Nakula lebih tampan dari Sadewa. Nakula bermata jaitan, berhidung mancung, bersanggul kadal menek, bersunting kembang kluwih panjang, berkalung ulur-ulur. Bergelang, berpontoh, berkeroncong, dan berkain putra Wanda Nakula Banjet.

Soal keahlian, ia cakap di bidang pertanian. Ketika Yudistira kalah bermain dadu dan mereka harus menyamar di Wirata, Nakula menjadi ahli pertanian. Istri Nakula ada dua, yaitu: Dewi Sayati dan Dewi Srengganawati.

Ketika perang Baratayuda di cerita Mahabarata berkecamuk, bersama saudara kembarnya Sadewa, Nakula mendapat titah dari Sri Kresna untuk membujuk Prabu Salya yang sedang mengamuk. Prabu Salya tak tega bermusuhan dengan Pandawa. Lantas dengan perantaan Nakula dan Sadewa, Prabu Salya menitipkan pesan agar Yudistira melawannya. Ia beramanat, sepeninggalnya nanti, Nakula menjadi Raja Mandraka. Dan setelah perang Baratayuda rampung, amanat itu dilaksanakan sesuai dengan pesan Prabu Salya.

Karakter Tokoh Wayang Kulit Nakula

tokoh wayang kulit nakula, cerita rakyat indonesia
Nama: Nakula
Nama lain: Pinten
Karakter: Jujur, setia, taat, belas kasih, tahu membalas guna dan dapat menyimpan rahasia
Senjata: Pedang, Tirtamanik (air kehidupan), Ajian Pranawajati
0 Komentar untuk "Tokoh Wayang Kulit: Nakula"

Back To Top