Tokoh Wayang Kulit: Yudistira

Tokoh wayang kulit Yudistira adalah anak tertua dari lima bersaudara (disebut Pandawa) pasangan Pandu dan Dewi Kunti. Memiliki garis keturunan darah putih, titisan Hyang Darma. Ia lahir dan besar di tengah-tengah kehidupan istana Hastinapura dan karakter ksatria peninggalan ayahnya. Yudistira memiliki nama muda Samiaji. Selalu mengedepankan musyawarah sebagai pendekatan tinimbang kekerasan.

Sewaktu kalah bermain judi, ia dan empat saudaranya harus terusir dari Hastina. Maka, ia pun mendirikan Negara Amarta di Hutan Amarta. Namun, lagi-lagi harus terusir karena kedengkian Korawa. Ia dan empat saudaranya harus menyamar sebagai rakyat kebanyakan di Negara Wijangka selama 13 tahun.

Dalam cerita Mahabarata konflik antara Pandawa dan Korawa tidak bisa terhindarkan. Sehingga perang Baratayuda adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikannya. Pandawa pun menang dan Yudistira dinobatkan sebagai Raja Hastina. Luas wilayahnya semakin bertambah, karena adanya Amarta.

Ketika Hastina diserahkan kepada Parikesit, cucunya, Yudistira dan empat saudaranya mengembara menjalani kehidupan sebagai pertapa. Berjalan ke utara, ke puncak Argaloka, terus ke utara ke ketinggian Gunung Mahameru. Tak ada yang tahu persis kapan dan bagaimana kematiannya.

Karakter Tokoh Wayang Kulit Yudistira

tokoh wayang kulit yudistira, cerita rakyat indonesia
Nama: Yudistira
Nama lain: Puntadewa, Samiaji, Darmakusuma, Gunatalikrama
Karakter: Jujur, sangat sabar
Senjata: Ajian Jamus Kalimasada







0 Komentar untuk "Tokoh Wayang Kulit: Yudistira"

Back To Top