Cerita Anak: "Sebuah Sapu Lidi"

Cerita anak ini diambil dari Aesop's fables berjudul "The Bundle of Sticks".

Seorang ayah memiliki beberapa orang anak di dalam keluarganya. Anak-anak selalu saja membuat keributan satu sama lain. Mereka tidak saling mengatakan hal-hal yang baik. Sehingga, pertengkaran kerap terjadi di antara mereka.

Suatu ketika, pertengkaran tersebut jauh lebih keras dibandingkan biasanya. Anak-anak ini menunjukkan raut muka masam. Karena itu, si ayah meminta salah seorang dari mereka untuk mengambilkan sapu lidi.

Cerita anak, dongeng, aesop's fables, sebuah sapu lidi, the bundle of sticks.

Dia meminta anak-anaknya untuk mematahkan sapu lidi tersebut. Dengan sekuat tenaga masing-masing anak mencobanya satu per satu. Sayangnya, tidak ada yang cukup kuat untuk mematahkan sapu lidi tersebut.

Si ayah kemudian melepaskan ikatan sapu lidi tersebut dan mencerai-beraikannya. Kemudian, dia meminta anak-anaknya untuk mematahkan lidi satu per satu.

"Anak-anakku," tutur si ayah, "Lihatlah... bila kalian tidak saling tercerai-berai kalian akan menjadi satu kekuatan yang tidak mudah untuk dipatahkan. Bahkan, tidak mustahil untuk mengalahkan musuh-musuh kalian. Tapi sebaliknya, jika kalian terpecah kalian takkan punya kekuatan."

-----
Pesan cerita anak ini adalah persatuan melahirkan kekuatan.
Tag : Aesop, Dongeng
0 Komentar untuk "Cerita Anak: "Sebuah Sapu Lidi""

Back To Top