Cerita Dongeng: "Tikus dan Gajah"

Cerita dongeng ini diambil dari Aesop's fables berjudul "The Rat and Elephant"

Cerita Dongeng: "Tikus dan Gajah"

Seekor tikus melakukan jalan-jalan di jalanan Raja. Dia ada seekor tikus yang penuh harga diri, berukuran kecil, dan reputasi buruk tikus yang melekat pada dirinya. Tiba-tiba ada suara berisik di jalan yang dilewati tikus. Tikus pun segera berlari menuju parit dan mengintip dari balik parit.

Ternyata suara berisik itu berasal dari raja dan rombongannya. Tikus melihat bahwa raja menaiki seekor gajah besar, yang dihiasi ornamen-ornamen cantik. Di belakang rombongan itu, ikut pula anjing dan kucing istana. Mereka merasa kagum dengan kebesaran dan kekuatan sang gaja. Tikus itu tak bisa melihatnya lebih jauh lagi. Harga dirinya terluka sudah.

Tikus tidak terima dan memekik, "Dasar bodoh! Lihatlah aku, dan akan segera kau lupakan gajah bodoh itu. Apa ukurannya yang besar yang membuat matamu keluar? Atau kulitnya yang keriput? Aku juga memiliki mata dan telinga yang besar, dan kaki juga tentunya. Aku juga penting tahu!"

Kucing mendengar pekikan tikus dan menatapnya. Tikus pun berlari ketakutan. Detik berikutnya, tikus sadar bahwa dirinya tak sepenuhnya penting sebagai gajah.

-------

Pesan cerita dongeng adalah beberapa hal besar tak membuat kita menjadi besar sama seperti orang lain.
Tag : Aesop, Dongeng
0 Komentar untuk "Cerita Dongeng: "Tikus dan Gajah""

Back To Top