Cerita Rakyat India: Anjing dan Kambing

Saking sukanya terhadap anjing dan kambing, seorang Raja asal India memerintahkan kepada menteri untuk memelihara kedua jenis hewan tersebut. Menteri yang dititahkan rajanya ini segera mengerjakannya.

Beberapa tahun setelahnya, Raja menerima laporan bahwa kedua hewan yang dipelihara tersebut berkembang secara tidak seimbang. Populasi kambing jauh lebih banyak dibandingkan populasi anjing. Mengapa demikian? Timbul pertanyaan di benak Raja. Dia pun memerintah Menterinya untuk mencari tahu apa sebabnya hal itu bisa terjadi?

"Sebelum hamba menjawabnya, izinkan hamba membuat percobaan," jawab Menteri. Raja pun mempersilakan.

Menteri kemudian meletakkan 10 ekor kambing dan 10 ekor anjing di kandang terpisah. Masing-masing diberi makan yang cukup. Kambing diberi rumput dan anjing diberi daging. Selang beberapa hari, Menteri pun mengecek hasilnya.

Cerita rakyat_India_anjing dan kambing

Pertama, Menteri membuka kandang kambing. Ketika membukanya Menteri menemukan kambing-kambing tengah tertidur pulas setelah memakan habis semua rumput yang diberikan. Kedua, ketika membuka kandang anjing Menteri menemukan kenyataan berbeda. Anjing-anjing di dalam kandang sedang saling berkelahi. Mereka memperebutkan daging makanan yang sejatinya diberikan untuk mereka. Yang paling parah adalah saking sibuknya berkelahi, mereka sampai lupa memakan daging makanan. Akhirnya, ada anjing yang terluka bahkan mati.

Menteri pun melaporkan apa yang telah ditemukannya kepada Raja.

Cerita rakyat Anjing dan Kambing ini telah ditulis ulang dan diedit sebagaimana mestinya dari sumber Duniaanda.com.
0 Komentar untuk "Cerita Rakyat India: Anjing dan Kambing"

Back To Top