Kumpulan Cerita Rakyat dan Dongeng

Cerita Dongeng Bijaksana: “Rojan Si Duda Tua dan Nayla Si Gadis Muda”

Cerita dongeng bijaksana – Ada seorang tukang bor sukses kaya raya. Namanya Rojan. Setelah istrinya Ranni meninggal dunia dan putrinya yang bernama Sari telah menikah dengan jejaka ganteng bernama Candra, ia kesepian dan berniat menikah lagi.

Ia mencari-cari kesana kemari calon pendamping baru. Hingga akhirnya abangnya yang bernama Rojak pun menawarinya untuk menikahi seorang gadis muda. Tentu saja Rojan langsung senang, terlebih setelah melihat gadis muda itu cantik, lucu, kinyis-kinyis pula. Gadis muda bernama Nayla itu juga setuju dinikahi Rojan. Sayangnya, Nayla hanya melihat kekayaan Rojan semata. Ia tidak benar-benar mencintai Rojan dari hatinya. Rojan tentu saja tahu tentang apa yang Nayla pikirkan. Tapi ia tetap mencintai dan rela melakukan apapun demi mendapatkan hati istrinya. 

Cerita Dongeng Bijaksana: “Rojan Si Duda Tua dan Nayla Si Gadis Muda”
Foto ilustrasi cerita dongeng bijaksana “Rojan Si Duda Tua dan Nayla Si Gadis Muda”.

Suatu malam, ketika Nayla dan Rojan tidur saling memunggungi di tempat tidur yang sama, ada maling datang mengendap-endap masuk rumah mereka. Nayla terbangun mendengar suara itu dan segera menyadari rumah disusupi maling. Ia ketakutan dan berbalik menghadap suaminya yang sudah terlelap, ditandai oleh suara dengkurnya yang terdengar sampai ke ubun-ubun. 

Nayla pun memeluk Rojan, sehingga duda tua tapi masih berperawakan keren itu terbangun. Melihat Nayla memeluknya, Rojan membatin, 'Aku senang dipeluk Nayla, tapi kenapa tiba-tiba ia memelukku? Hmm, pasti ada alasan kuat.'




Rojan akhirnya menyadari ada maling di rumahnya, setelah mendengar suara krasak-krusuk di luar. Ia pun segera tahu sang istri memeluknya karena takut pada maling. Maka, Rojan pun berteriak, “Hai maling, aku berterima kasih padamu. Sudah kuharapkan dari kemarin, tapi istriku tak pernah ingin menyentuhku. Aku senang kau datang ke rumahku, karena istriku memelukku begitu erat. Aku bahagia sekarang. Silakan ambil apapun yang kau maui. Itu hadiah untukmu!”

“Kadang-kadang musuh bisa memberi keuntungan bagi kamu,” itulah pesan yang terdapat dalam cerita dongeng anak kecil yang bijaksana yang berjudul “Rojan Si Duda Tua dan Nayla Si Gadis Muda”. Kalian bisa membaca kategori “Cerita Dongeng Indonesia” untuk cerita lainnya. (365 Cerita Rakyat Indonesia)
1 Komentar untuk "Cerita Dongeng Bijaksana: “Rojan Si Duda Tua dan Nayla Si Gadis Muda”"

Back To Top