Cerita Dongeng: "Seorang Petani dan Hercules"

Cerita dongeng ini diambil dari Aesop's fables yang berjudul "Hercules and the Wagoner".

Seorang petani mengendarai gerobak di jalanan berlumpur setelah hujan lebat. Kuda-kuda terlalu sulit menyeret beban di dalam lumpur. Akhirnya, kuda-kuda itu sama sekali tidak bisa bergerak saat salah satu roda tenggelam dalam lumpur.

Petani itu turun untuk melihat apa yang terjadi. Namun, dia tidak melakukan apapun, kecuali mengutuk nasib buruk dan meneriakkan nama Hercules untuk datang membantunya.

Cerita Dongeng: "Seorang Petani dan Hercules"

Konon, Hercules benar-benar muncul. Apa yang dilakukan Hercules? Dia tidak melakukan apa-apa, kecuali hanya mengoceh tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh si petani. "Hai manusia, masukkanlah bahumu ke dalam roda. Kemudian suruhlah kuda-kudamu bergerak. Kamu pikir kamu bisa memindahkan gerobakmu hanya dengan melihat dan merengek mengenai hal tersebut. Herculess takkan membantumu, kecuali kamu melakukan beberapa usaha untuk membantu dirimu sendiri."

Petani mengikuti apa yang dikatakan oleh Hercules. Gerobak pun dapat bergerak dengan mudah. Petani pun naik di atas gerobaknya kembali. Dia sudah mendapatkan pelajaran yang berarti.

-----
Pesan cerita dongeng ini adalah membantu diri sendiri merupakan bantuan paling baik.

Surga akan membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri.
Tag : Aesop, Dongeng
0 Komentar untuk "Cerita Dongeng: "Seorang Petani dan Hercules""

Back To Top