Indah dan Menarik, Inilah Daftar 14 Pantai di Blitar Jawa Timur Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas di benak kamu ketika ditanya apa yang terkenal dari Blitar? Tempat Presiden Sukarno dimakamkan? Kota Proklamator? Perlawan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) pada 14 Februari 1945? Tidak ada yang salah semua betul. Ketiga-tiganya merupakan hal yang mengingatkan kita pada Blitar.

Tapi, tahukah kamu kalau Blitar juga terkenal dengan wisata pantainya? Buktinya wilayah Jawa Timur bagian selatan ini memiliki banyak destinasi pantai yang indah dan menarik buat dikunjungi. Apa saja pantai di Blitar yang masuk ke dalam daftar? Yuk simak sama-sama!

Dapatkan info postingan terbaru blog 365CeritaRakyatIndonesia dengan mensubscribe / memfollow akun Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube.

1. Pantai Pangi Blitar


Pantai Pangi cukup populer di kalangan wisatawan pecinta pantai, karena keindahan alam dan akses jalan yang mudah. Pantai yang berlokasi di Tumpakkepuh ini masih berdekatan dengan pantai Tambakrejo dan Goa Embul Tuk. Umumnya, para pengunjung datang ke pantai Pangi saat weekend.

Rute pantai Pangi.

2. Pantai Tambakrejo Blitar


Pantai Tambakrejo merupakan salah satu pantai populer di Blitar, yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Akses jalan untuk kendaraan roda dua maupun roda empat menuju tempat ini sangatlah mudah. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak besar, sehingga para pengunjung bisa berenang dan bersenang-senang bersama teman atau keluarga. Di sekitaran pantai terdapat pelelangan ikan. Para pengunjung dapat memesan dan menyantap langsung ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

Rute pantai Tambakrejo.

3. Pantai Serang Blitar


Pantai Serang juga masuk ke dalam salah satu pantai terkenal di wilayah Blitar. Saking terkenal dan kondusifnya, banyak acara digelar di pantai ini. Sebut saja, misalnya: Larung Sesaji, Festival Layang-layang, Festival Barong, juga Festival Musik Jazz. Pantai Serang terletak di Desa Serang, Panggungrejo.

Rute pantai Serang.

4. Pantai Jolosutro Blitar


Daya tarik pantai ini adalah pasir hitamnya dan karang nritep (jajaran bukit), yang akan membuat suasana makin menenangkan diiringi angin sepoi-sepoi. Pantai ini juga kerap dijadikan destinasi bagi para peselancar, karena ombak yang cukup kencang dan kuat. Pantai yang berlokasi di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, ini bisa didatangi dalam waktu satu jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Rute pantai Jolosutro.

5. Pantai Jebring Blitar


Selain pantai Jolosutro, pantai Jebring juga memiliki pasir hitam. Dulu wilayah ini sempat dijadikan lokasi penambangan pasir besi. Sisa-sisa penambangan masih tampak sampai sekarang. Meski begitu, pemandangan alam yang disungguhkan di pantai ini akan meninggalkan kesan bagi para pengunjung. Untuk sampai mendekati bibir pantai ini dibutuhkan perjuangan. Setidaknya persiapkan kendaraan agar bisa berangkat dan pulang tanpa kendala.

Rute pantai Jebring.

6. Pantai Ngloncor Blitar

Hal paling terkenal yang ada di pantai Ngloncor adalah tebing yang mengarah ke laut. Dalam bahasa Jawa, Ngloncor, berarti menjorok / mengarah. Inilah yang menjadi kekhasan pantai yang terletak di Ngadipuro ini. Di spot tebing ini para pengunjung bisa mengambil foto yang instagramable, baik foto bersama maupun selfie.

Rute pantai Ngloncor.

7. Pantai Pudak Blitar

Pantai Pudak merupakan pantai yang lokasinya masih sulit untuk dicapai. Lantaran akses jalan menuju ke sana banyak yang berlubang. Jika berhasil sampai, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan istimewa yang nyaris belum tersentuh manusia.

Rute pantai Pudak.

8. Pantai Pasur Blitar

Wilayah tempat wisata pantai di Blitar ini berbatasan dengan Tulungagung. Para pengunjung bisa memakai kendaraan roda dua maupun roda empat untuk sampai ke lokasi yang berada di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung. Namun, akses jalan yang sempit membuat para pengendara roda empat diwajibkan untuk berhati-hati. Pantai ini belum diurus pemerintah setempat, sehingga tiket masuk gratis. Para pengunjung hanya perlu membawa makanan untuk disantap sambil menikmati pemandangan disana.

Rute pantai Pasur.

9. Pantai Pehpulo Blitar

Semenjak diliput salah satu TV Nasional, pantai Pehpulo menjadi kawasan pantai di Blitar Jawa Timur yang cukup digemari. Pantai yang terletak di Desa Pehpulo, Sumbersih, Panggungrejo, ini dijuluki “Raja Ampat” dari Jawa Timur. Karena tidak jauh dari bibir pantai banyak gugusan pulau kecil yang tersebar di beberapa titik. Tentu akan menambah keindahan bila melihat pemandangan dari atas bukit.

Rute pantai Pehpulo.

10. Pantai Gondo Mayit Blitar

Dari namanya, pantai ini terkesan angker dan menyeramkan. Jika diartikan secara harfiah, nama Gondo Mayit berarti Bau Mayat. Mungkin ini terkait mitos yang menyebutkan bahwa dulunya sering ditemukan mayat mengapung di pantai itu. Apapun itu, salah satu tempat wisata di Blitar ini keren betul. Karena pesona pasir putih yang dimiliki pantai ini akan “menyihir” siapapun yang mengunjunginya.

Rute pantai Gondo Mayit.

11. Pantai Benelan Blitar

Pantai Benelan juga merupakan pantai yang masih jarang dijamah manusia. Pun begitu, pasir putih yang halus dan bersih akan membuat para pengunjung betah berlama-lama disana.

Rute pantai Benelan.

12.  Pantai Dung Dowo Blitar

Pantai Dung Dowo terletak di Desa Ngadipuro, yang dekat dengan pantai Pudak yang lebih dulu beken. Hamparan luas pantai ini akan melepaskan stres bagi siapapun yang sedang jenuh.

Rute pantai Dung Dowo.

13. Pantai Princen Blitar

Pantai Princen menjadi satu-satunya pantai yang memiliki goa di bibir pantainya. Karena pemerintah daerah belum mengelola pantai ini secara maksimal, maka pantai ini bisa dikatakan masih perawan.

Rute pantai Princen.

14. Pantai Banteng Mati Blitar

Pantai Banteng Mati yang berlokasi di Desa Ngadipuro merupakan pantai yang lokasinya berdekatan dengan pantai Pudak, Bakung, dan Jebring. Karena masih alami, akses jalan menuju pantai ini bisa dibilang masih sulit dilalui.

Rute pantai Banteng Mati.
0 Komentar untuk "Indah dan Menarik, Inilah Daftar 14 Pantai di Blitar Jawa Timur Wajib Dikunjungi"

Back To Top