Tokoh Wayang Kulit: Sadewa

Diposkan oleh Cerita Rakyat on Thursday, June 6, 2013

Tokoh wayang kulit Sadewa merupakan ragil dari lima Pandawa pasangan Pandu dengan Dewi Madrim. Ia memiliki saudara kembar bernama Nakula. Bentuk fisik Sadewa serupa dengan Nakula, yaitu: bermata jaitan, berhidung mancung, bersanggul kadal menek, bersunting kembang kluwih panjang, berkalung ulur-ulur. Bergelang, berpontoh, berkeroncong, dan berkain putra. Wanda Sadewa Bontit.

Ia memiliki keistimewaan mampu mengetahui rahasia takdir. Namun, dikutuk tidak boleh membocorkannya jika tak ingin kepalanya terbelah dua. Sadewa menikahi Dewi Srengginiwati, adik Dewi Srengganawati (istri Nakula), putri Resi Badawanganala.

Ketika perang Baratayuda di cerita Mahabarata berkecamuk, bersama saudara kembarnya Nakula, Sadewa mendapat titah dari Sri Kresna untuk membujuk Prabu Salya yang sedang mengamuk. Prabu Salya tak tega bermusuhan dengan Pandawa. Lantas dengan perantaan Sadewa dan Nakula, Prabu Salya menitipkan pesan agar Yudistira melawannya. Ia beramanat, sepeninggalnya nanti, Nakula menjadi Raja Mandraka. Dan setelah perang Baratayuda rampung, amanat itu dilaksanakan sesuai dengan pesan Prabu Salya. Sementara, Sadewa menjadi patih Kerajaan Hastinapura.

Karakter Tokoh Wayang Kulit Sadewa

tokoh wayang kulit sadewa, cerita rakyat indonesia
Nama: Sadewa
Nama lain: Tantipala, Tangsen
Karakter: Bijaksana, dapat menyimpan rahasia
Senjata: Aji Purnamajati

Artikel Terkait

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment