Kumpulan Cerita Rakyat dan Dongeng

Olah Si Kadal dan Galah Si Burung

Kembali 365ceritarakyatindonesia mengetengahkan dongeng dunia. Kali ini, akan ada cerita dongeng dari Australia. Judul aslinya “The Galah and Oolah the Lizard”. Ini masuk ke dalam buku “Folk-lore of the Noongahburrahs as told to the Piccaninnies; Features 31 Australian folktales”, yang ditulis Mrs. K. Langloh Parker dipublikasikan oleh penerbit Melville, Mulle & Slade, Melbourne, 1896.

Dongeng dari Australia – Olah Si Kadal dan Galah Si Burung

Olah Si Kadal dan Galah Si Burung

Olah si kadal bosan hanya berbaring di bawah sinar matahari tanpa melakukan apa-apa. Untuk mengusir rasa bosannya, dia mengeluarkan bumerangnya dan mulai melemparkannya. Saat Olah bermain bumerang, datanglah Galah si burung.

Olah bangga mempertontonkan keterampilannya melempar bumerang di depan Galah. Saking bangganya, dia melemparkan bumerangnya terlalu keras. Sehingga ketika kembali, bumerang itu mengenai ujung kepala Galah – kulit dan bulu Galah tersayat. Darah keluar dari kepala Galah.

Sontak Galah menjerit. Suara paraunya terdengar mengerikan. Olah ketakutan. Lebih-lebih waktu dia melihat Galah menjedot-jedotkan kepalanya ke tanah seperti burung gila. Dia bersembunyi di balik pepohonan kaktus.

Galah melihatnya dan menangkap Olah dengan paruhnya. Dia menancapkan tubuh Olah ke pohon kaktus. Sehingga tubuh Olah tertancap duri-duri pohon kaktus.

Hingga saat ini, Galah si burung tidak memiliki bulu di bagian atas kepalanya dan Olah si kadal tubuhnya dipenuhi duri-duri. Demikianlah dongeng dari negara Australia yang bisa 365ceritarakyatindonesia ceritakan kepada teman-teman. (Cerita Rakyat Indonesia)
1 Komentar untuk "Olah Si Kadal dan Galah Si Burung"

Back To Top