5 Pantai Gunung Kidul yang Indah [Part 1]

Selain Bantul dan Kulon Progo, Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki pantai. Keindahannya menjadikan Kabupaten Gunung Kidul sebagai salah satu tempat tujuan wisata pantai dari berbagai daerah. Berikut ini adalah 5 pantai Gunung Kidul yang bisa anda kunjung saat liburan tiba.

Pantai Sundak

Pantai sundak yang terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, sudah lama dikenal sebagai kawasan wisata pantai. Nama Sundak diambil berdasarkan cerita rakyat setempat mengenai perkelahian anjing (asu) dan landak. Disingkat menjadi Sundak.

Pantai Sundak, 5 Pantai Gunung Kidul
Terlepas dari cerita legenda tersebut, Pantai Sundak memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Tidak mengherankan apabila pantai ini menjadi salah satu kawasan wisata unggulan di Gunung Kidul.

Pantai ini menyuguhkan bukit-bukit kaput nan eksotis, yang acap dipakai sebagai lokasi hunting foto. Daya tarik pantai ini terdapat pada perpaduan antara pasir putih dan air laut yang jernih. Tidak menyesal mengunjungi pantai ini dalam acara liburan anda.

Pantai Krakal

Pantai Krakal, 5 Pantai Gunung Kidul
Jika Bantul memiliki Pantai Parangtritis yang ombaknya besar dan ganas. Maka, Gunung memiliki Pantai Krakal walaupun kalah besar. Tapi, bicara soal pemandangan pantai yang terletak tak jauh dari Wonosari, Ibukota Gunung Kidul, ini jauh lebih indah.

Secara morfologis, pantai ini memiliki kesamaan dengan pantai tetangganya, yaitu Pantai Sundak. Pasir putih, batu-batu karang, membuat tempat ini menjadi makin lengkap. Belakangan, kawasan wisata ini mulai diserbu para surfer pemula, yang baru belajar menaklukkan ombak.

Saya pernah berkunjung ke pantai ini selepas SMU. Jarak tempuh dari Yogyakarta ke Pantai Krakal lumayan jauh. Jadi, jika anda ingin bertandang ke sini dan menikmati tempat ini lebih lama, berangkatlah pagi-pagi.

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng, 5 Pantai Gunung Kidul
Dibandingkan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, Pantai Sadeng yang masih sedikit dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan tempat ini lebih dikenal sebagai tpi alias tempat pelelangan ikan. Toh, begitu tidak berarti pantai ini tak ada pesonanya.

Warna biru terang akan mendominasi warna di sepanjang pantai ini. Yang berasal dari jejeran perahu nelayan. Batu-batu kapur yang cantik di sebelah kiri dan kanan makin memberikan pemandangan yang cantik. Pantai Sadeng merupakan pantai alternatif, jika Anda ingin berbelanja bahan makanan hasil laut, seperti Pantai Depok, Bantul.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo, 5 Pantai Gunung Kidul
Beli ikan di Pantai Sadeng tentu membosankan bagi para mancing mania. Pilihan tempat yang bisa memberikan kepuasan adalah Pantai Wediombo yang berada di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul.
Di sini, Anda dapat mengail ikan dari atas bukit karang. Ikan di daerah ini terkenal besar-besar. Tapi, untuk mendapatkannya Anda harus berkorban lelah. Untuk mencapai bukit karang yang dimaksud, Anda harus berjalan sekitar 1 jam dari Pantai Wediombo.

Selain memancing, tentunya Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Air lautnya sangat jernih, tidak seperti pantai lain yang berwarna kehijauan akibat tercemar. Pasir pantainya landai dan putih lembut. Liburan menyenangkan sudah pasti bisa Anda dapatkan di pantai ini.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, 5 Pantai Gunung Kidul yang Indah
Siapa yang bisa bosan untuk mengunjungi Pantai Indrayanti? Pantai cantik di Gunung Kidul ini perlahan mulai menjadi objek tujuan utama wisatawan. Pantai ini sangat ramai, seperti Pantai Kuta di Bali. Apa lagi sekarang sudah banyak pedagang yang menjual makanan dan tenda berwarna-warni untuk para pengunjung yang ingin bersantai di pinggir pantai.

Di sudut lain pantai, terdapat tebing tinggi yang juga menawan. Ternyata ini merupakan spot favorit penikmat pemandangan pantai. Suasana pantai yang ramai dan birunya laut terlihat cantik dari atas tebing.

Saya pernah ke Pantai Indrayanti Gunung Kidul tahun 2010. Suasananya mirip dengan Pantai Kuta dan banyak bule yang berjemur di sana.

Berikutnya 5 Pantai Gunung Kidul [Part 2]
0 Komentar untuk "5 Pantai Gunung Kidul yang Indah [Part 1]"

Back To Top