Ayam Geprek dan Ayam Penyet

"Beda!" teriak Aryo.

"Sama!" pekik Alfart tak mau kalah.

Mami yang baru pulang dari kantor jengkel mendengar suara ribut kedua anaknya. Dia pun datang menghampiri untuk menanyakan apa yang sedang diributkan keduanya.

Aryo menyahut, "Ini nih Kak Alfart bilang kalo ayam geprek dan ayam penyet itu sama, padahal kan beda ya Mi?"

"Sama kan ya Mi?" Alfart menatap Mami, meminta dukungan.

Oalah, jadi itu penyebab dua anaknya bikin ribut? Mami tersenyum mendengarnya. "Kalo Mami kasih tahu jangan gontok-gontokan lagi ya," pesan Mami. Aryo dan Alfart mengangguk-angguk.

"Ayam geprek sama ayam penyet itu beda," kata Mami.

"Tuh kan, benar kata Aryo," pekik Aryo penuh kemenangan. Sementara Alfart terdiam. Dari raut wajahnya, Mami menebak Alfart memang benar-benar belum tahu soal ini. Dia meneruskan penjelasannya.

"Beda menu masakan ini terletak pada sambal dan ayamnya. Ayam geprek itu digoreng tepung, lalu digeprek pake ulekan dan diberi sambal bawang. Sedangkan ayam penyet itu digoreng tanpa tepung, lalu dipenyet pake ulekan dan diberi sambal terasi. Gitu. Apa sudah jelas?"

"Belum, Mi," tukas Alfart, "Biar lebih jelas, gimana kalo kita beli aja. Biar Alfart nggak penasaran."

Mami terkekeh geli mendengarnya. "Itu sih bisa-bisaan kamu aja kan, dasar." Meski begitu, Mami membelikan dua menu masakan itu melalui aplikasi Go-food dan Grab-food.

Selang tiga puluh menit kemudian, dua ojek online, satunya Grab-food satunya Go-food, datang membawa pesanan. Aryo dan Alfart segera menyantapnya. Mami ngeliatin saja kelakuan dua jagoannya, sambil menggumam, "Kalian yang bertengkar, Mami yang kena hukuman. Tapi nggak apa-apa-lah."

"Yang akur ya," pinta Mami, lalu pergi menuju kamar tidur.

Jatiasih, Bekasi, April 2018.

Tag : Cerpen Anak
0 Komentar untuk "Ayam Geprek dan Ayam Penyet"

Back To Top