Cerita Rakyat Indonesia #86: Asal Usul Nama Palembang

Apa yang terkenal dari Palembang? Tentu saja pempek kapal selam. Kalau di Bekasi ada satu lokasi warung pempek terkenal dan pas di kantong, yaitu Pempek Gaby. Tapi, tentunya, saya tidak sedang ingin bercerita soal pempek tersebut. Hal yang ingin saya ceritakan adalah bagaimana asal-usul nama Palembang? Ini seperti cerita rakyat Indonesia sebelumnya, yang mengisahkan Asal Usul Nama Wamena dan Asal Usul Nama Surabaya. Seperti dua cerita rakyat sebelumnya, Asal Usul Nama Palembang tentu memiliki dua versi. Ada versi cerita rakyat Indonesia yang menjadi dongeng orang Palembang, dalam Indonesia secara umum dan ada versi sejarahnya.

Menurut sejarah Indonesia, kala itu Kerajaan Sriwijaya sedang kehilangan pemimpin. Karena, Adipati Ario Damar mangkat, sementara Raden Fatah dan Raden Hasan telah hijrah ke Jawa. Hal ini memunculkan kebingungan di pikiran rakyat Sriwijaya sendiri. Namun, Sunan Gunung Jati kemudian datang ke Kadipaten Sriwijaya. Beliau berpesan bahwa sebentar lagi akan datang rombongan murid dari negeri Tiongkok bernama Pai Li Bang. Menurut Sunan Gunung Jati, Pai Li Bang merupakan sosok yang pantas menggantikan Ario Damar, sebab Pai Li Bang ini di negeri asalnya adalah seorang menteri negara yang berpengalaman di bidang kenegaraan. 

Karena lidah orang Indonesia sedikit sulit menyebutkan kata-kata asing, diseraplah nama Pai Li Bang menjadi Palembang. Ya, itulah sekelumit sejarah Indonesia mengenai asal usul nama Palembang. Lengkapnya silakan menuju ke ridwanaz.com untuk membaca artikel tentang sejarah nama Palembang.

Lalu, bagaimana asal usul nama Palembang versi cerita rakyat? Saya nukilkan cerita rakyat ini dari buku Legenda Rakyat Nusantara yang ditulis ulang oleh Kak Tami Widiasari, terbitan Galang Press, Yogyakarta, 2010. Selamat membaca ^^

***

Ketika Putri Ayu Sundari dan pengiringnya masih berada di Bukit Seguntang Mahameru, ada sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di Pantai Sumatera Selatan. Penumpangnya adalah tiga orang kakak beradik, putra dari Raja Iskandar Zulkarnain.

Ketiga orang ini selamat dari maut, dan terdampar di Bukit Seguntang Mahameru. Mereka disambut oleh Putri Ayu Sundari. Salah seorang dari putra tertua Raja Iskandar Zulkarnai, yaitu Sang Sapurba kemudian menikah dengan Putri Ayu Sundari dan kedua saudaranya menikah dengan keluarga putri itu.

Karena Bukit Seguntang Mahameru berdiam di Sungai Melayu. Maka, Sang Sapurba dan istrinya mengaku sebagai orang Melayu. Anak cucu mereka kemudian berkembang dan ikut kegiatan di daerah Lembang. Nama Lembang semakin terkenal.

Kemudian, ketika orang hendak ke Lembang selalu mengatakan akan ke Palembang. Kata "pa" dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah atau lokasi.

Di sana, ekonomi bertumbuh dengan pesat. Orang-orang ramai berdatangan ke daerah tersebut. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin menjadi jalur perdagangan kuat terkenal sampai ke negara lain. Nama Lembang pun berubah menjadi Palembang.

Demikianlah, asal usul nama Palembang berdasarkan versi cerita rakyat Indonesia. Walaupun menurut sejarah Indonesia mainstream, kenyataannya mungkin tidak seperti yang diceritakan.
0 Komentar untuk "Cerita Rakyat Indonesia #86: Asal Usul Nama Palembang"

Back To Top